Tips Belajar

Tips Belajar Bahasa Inggris

Di zaman yang semakin canggih ini, kebutuhan akan kemampuan berbahasa asing sudah menjadi salah satu hal yang cukup penting. Mulai dari hanya untuk gaul di kalangan anak remaja hingga untuk keperluan profesi bagi orang dewasa.

Secara umum, banyak orang yang menyatakan bahwa semakin tua semakin tidak mudah untuk belajar Bahasa Inggris. Banyak cara dalam mempelajari bahasa baru, mulai dari belajar dari teman hingga mengambil kursus khusus secara berkelompok maupun privat. Nah, berdasarkan pengalaman belajar orang-orang yang sudah berhasil belajar Bahasa Inggris, berikut beberapa tips jitu yang harus dicoba untuk membuat kamu makin jago Bahasa Inggris.

Nonton Film

Source : longmanhomeusa.com

Salah satu hal penting dalam berbahasa adalah kemampuan melafalkan kata demi kata dengan tepat agar orang lain dapat mengerti maksud dari kalimat yang diucapkan. Cara yang cukup efektif adalah dengan menonton film dengan subtitle Bahasa Inggris pula. Bagi kamu yang masih pemula dalam belajar Bahasa Inggris, hal ini bisa dipraktekkan pada film-film yang sudah pernah ditonton sebelumnya sehingga dapat mengerti alur cerita dari film tersebut. Untuk kosa kata yang baru bagi kamu, kamu boleh coba untuk mengulangi kata-kata bahkan kalimat-kalimat dialog dalam film tersebut. Metode ini juga berguna untuk belajar kosa kata baru lengkap dengan cara penulisan (spelling), pelafalan (pronunciation), dan juga artinya (meaning/ definition) berdasarkan konteks kalimat. Jadikan cara ini kebiasaan kamu setiap kali menonton film sehingga tanpa kamu sadari, kosa kata kamu sudah akan bertambah. Jadi bisa santai nonton sambil belajar toh?

Kursus

 

Kamu bisa belajar bahasa inggris dengan mengikuti kursus atau les bahasa inggris. Hal ini akan membantumu lebih mudah memahami bahasa inggris karena akan dibimbing langsung oleh tentor yang ahli di bidangnya.

Mendengarkan lagu

Source : mediad.publicbroadcasting.net

Bagi kamu yang suka musik, cara ini bisa menjadi alternatif paling asyik untuk kamu belajar Bahasa Inggris. Sambil mendengarkan melodi yang bisa bikin badan bergoyang, kamu juga bisa belajar kosa kata baru untuk memperkaya pengetahuan kamu akan kata-kata dalam Bahasa Inggris. Terutama untuk kamu yang cenderung lebih peka terhadap audio, cara ini dapat menjadi lebih efektif karena kamu akan lebih cepat menyerap kata-kata lirik dalam lagu dan mempelajari makna lagu tersebut. Bukan hanya belajar kata-kata umum atau formal, kamu juga bisa sekalian belajar ungkapan-ungkapan (expressions/ idioms) keren dalam Bahasa Inggris supaya terdengar semakin natural dalam berbahasa Inggris. Contohnya, ‘Blank Space’-nya Taylor Swift dengan lirik “ So it’s gonna be forever or it’s gonna go down in flames. You can tell me when it’s over”. Nah, bisa tebak kira-kira go down in flames artinya apa?

Bicara dengan Diri Sendiri (Self-talk)

www.hopetocope.com

Terkadang hal yang membuat orang tidak bisa berbahasa Inggris adalah malu dan takut salah sehingga ditertawakan orang lain. Meskipun selayaknya hal tersebut tidak mengurungkan niat untuk belajar dan berlatih, kamu bisa mulai berlatih kepercayaan diri dan membiasakan diri untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris bahkan kepada diri sendiri. Dalam kehidupan sehari-hari, sering kali kita berbicara kepada diri sendiri di dalam hati, mulai dari menghitung sesuatu hingga bergumam sendiri. Untuk hal itu, lakukan semuanya dalam Bahasa Inggris. Dengan demikian, diri kita akan terbiasa untuk menggunakan Bahasa Inggris dan menjadi akrab dengan bahasa tersebut sehingga pada saat kita akan menggunakannya dalam berkomunikasi dengan lawan bicara, kita tidak akan terlalu merasa kagok. Tips tambahan, berdirilah di depan cermin dan bicaralah pada diri kamu sendiri, tentunya dalam Bahasa Inggris. Jika memungkinkan, rekamlah percakapan kamu sendiri dan dengarkanlah kembali rekaman itu untuk memeriksa ketepatan kamu dalam melafalkan kata-kata dalam Bahasa Inggris.

Main game

Fakta bahwa kebanyakan produsen permainan digital yang dapat dimainkan baik melalui ponsel pintar, komputer, perangkat Play Station atau melalui media apapun adalah perusahaan-perusahaan asing menyebabkan banyak dari game tersebut yang menggunakan Bahasa Inggris pada petunjuk maupun tampilannya. Jika ada orang yang beranggapan bahwa main game tidak ada gunanya, ternyata tidak sepenuhnya benar lho. Melalui game, banyak kata-kata yang dapat kita pelajari supaya bisa mengerti cara memainkannya untuk mencapai tingkat berikutnya pada permainan tersebut, yang membuat game tersebut menjadi semakin seru untuk dimainkan. Masih ada yang main Clash of Clans? Familiar dengan istilah “deploy, troop, elixir, archer, atau casualties?” So, kita lanjut nge-game? Tapi awas jangan jadi lupa waktu!

Baca

Source : www.alignthoughts.com

“Buku adalah jendela dunia”. Tentunya banyak dari kita yang sudah sering mendengar peribahasa tersebut dan bahkan menyetujuinya karena telah merasakan manfaatnya dari membaca buku. Salah satu tips efektif untuk belajar Bahasa Inggris adalah dengan membaca. Tidak harus membaca bacaan-bacaan yang berat, namun bisa dimulai dengan membaca caption di media sosial misalnya, atau artikel-artikel singkat yang membahas topik-topik umum seperti gaya hidup, cara berbusana, atau bahasan umum lainnya yang biasanya menggunakan gaya bahasa dan kosa kata yang tidak terlalu sulit untuk dipahami. Segala hal dimulai dari langkah kecil terlebih dahulu. Saat bacaan-bacaan umum sudah mulai terasa dapat dimengerti dengan baik, layaknya main game, kamu bisa mencoba “naik ke level berikutnya” dengan mulai membaca artikel pada surat kabar asing seperti New York Times, Wall Street Journal, dsb. Jangan panik jika kamu tidak dapat mengerti sepenuhnya atas apa yang ditulis dalam bacaan-bacaan tersebut, yang terpenting adalah kamu terbiasa melihat kata-kata dan membaca kalimat-kalimat dalam Bahasa Inggris.

Beberapa dari tips di atas bisa juga dipraktekkan pada saat kamu belajar bahasa asing lainnya, lho! Setiap orang pasti memiliki cara tersendiri untuk belajar. Namun yang terpenting adalah membiasakan diri mendengar, melihat/membaca, menulis, dan berbicara dalam Bahasa Inggris. Metode inilah yang terjadi pada anak kecil ketika mereka baru mulai belajar bicara.

Anak kecil tidak pernah diajarkan struktur kalimat ataupun dipaksa untuk menghafalkan kosa kata dalam bahasa tertentu. Namun, mereka beradaptasi dengan bahasa yang digunakan orang-orang di sekeliling mereka, sehingga pada saat mereka sudah mulai bisa berbicara, mereka akan secara otomatis mengucapkan kata-kata dalam bahasa yang mereka dengarkan sehari-hari.

Bagikan tips ini ke teman-teman kamu dan berlatihlah bersama. Tidak perlu takut salah dalam belajar karena yang terpenting adalah kita bisa belajar dari kesalahan tersebut. Lebih baik salah pada saat belajar daripada takut salah sehingga tidak pernah mempelajari apapun.

Penulis : Eunice Budiharjo, S. E.

Editor : Bagas u.p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *